Selasa, Mei 19

kota berwawasan lingkungan

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya telah maju dalam usahanya mempercantik kota dengan revitalisasi jalur hijau dan taman kota. Mulai dari renovasi Taman Bungkul, dan banyak sekali proyek pemkot yang bertujuan untuk menjadikan surabaya menjadi daerah yang lebih hijau dengan menambah ruang terbuka hijau.

hal ini memang dipandang baik. Namun perlu diingat bahwa tujuan utama menambah ruang terbuka hijau tersebut adalah untuk mengimbangi polusi dari kendaraan bermotor yang terus bertambah di Surabaya. Dengan kapasitas yang sekarang ini surabaya hanya sebagai kota dengan taman kota yang baik. Jika menginginkan lebih, Surabaya dapat menjadi kota dengan wawasan lingkungan yang bukan hanya memberikan pemandangan indah bagi warganya namun juga menjadi paru-paru bagi warganya.

Opsi ini dapat dilakukan bila kita lakukan secara swadaya dari warga dan pemkot. Secara konsep diubah dari membangun taman kota menjadi membangun hutan kota.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hutan kota yang selama ini menopang surabaya hanya Kebun Binatang Surabaya dan Kebun Bibit. Dengan jumlah kendaraan bermotor yang terus bertambah kehadiran dua hutan kota tersebut tidaklah cukup. Perlu adanya tambahan hutan kota agar kota Surabaya tidak semakin penat. Sudah saatnya pemerintah menambah tumbuhan besar yang ridang, bukan pohon palem yang hanya mempercantik tapi pohon sono yang ridang dan meneduhkan.
-

Tidak ada komentar: